Diusulkan Sejak 2017, Ratu Kalinyamat Kini Resmi Jadi Pahlawan Nasional

Jumat, 10 November 2023 – 20:20 WIB
Diusulkan Sejak 2017, Ratu Kalinyamat Kini Resmi Jadi Pahlawan Nasional - JPNN.com Jateng
Tokoh perempuan asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional dijadikan ikon saat masuk ke Kota Jepara. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, JEPARA - Kabupaten Jepara kini mempunyai tiga pahlawan nasional setelah Ratu Kalinyamat ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (10/11).

"Dua pahlawan nasional yang berasal dari Kabupaten Jepara, yakni dr Cipto Mangunkusumo dan pahlawan emansipasi wanita RA Kartini," ujarnya Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta.

Ratu Kalinyamat, kata dia, ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada hari ini (10/11) di Istana Negara, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Dia mengatakan pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional membutuhkan perjuangan dan waktu yang lama. Pada awal diusulkan 2007 belum membuahkan hasil. Kemudian pada 2018 dilakukan riset kembali.

"Selanjutnya diusulkan kembali pada 2020 dengan melengkapi kekurangan yang dialami pada pengusulan sebelumnya dan berhasil," katanya.

Penetapan sebagai pahlawan nasional dikuatkan dengan keluarnya surat Sekretaris Militer Presiden, Kementerian Sekretariat Negara RI Nomor R-09/KSN/SM/GT.02.00/11/2023 tertanggal 3 November 2023.

"Dengan demikian Kabupaten Jepara memiliki dua perempuan pahlawan. Kami meminta generasi muda di Kabupaten Jepara, khususnya perempuan untuk mengejar cita-cita setinggi-tingginya serta tangguh dan tak kenal menyerah, seperti sosok dua perempuan pahlawan dari Jepara," ujarnya.

Jika sebelumnya, kata dia, berjuang harus mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, maka sekarang perjuangan perlu terus dilakukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan dukungan fasilitas yang sangat lengkap untuk memajukan Kabupaten Jepara menjadi lebih baik.

Kabupaten Jepara kini mempunyai tiga pahlawan nasional setelah Ratu Kalinyamat ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (10/11).
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News