Sidang Pledoi Kasus Menwa UNS, Gilang Disebut Tewas Karena Benturkan Kepalanya Sendiri

Rabu, 16 Maret 2022 – 05:00 WIB
Sidang Pledoi Kasus Menwa UNS, Gilang Disebut Tewas Karena Benturkan Kepalanya Sendiri - JPNN.com Jateng
Suasana sidang terdakwa kasus Menwa UNS di Kantor PN Solo, Selasa (15/03/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Kedua terdakwa kasus tindak pidana penganiayaan pada kegiatan Pendidikan Latihan Dasar Resimen Mahasiswa (Diklatsar Menwa) Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan pembelaan.

Dalam sidang pledoi di Pengadilan Negeri Surakarta, Selasa (15/3), terdakwa I Nanang Fahrizal Maulana (22) dan terdakwa II Faizal Pujut Juliono (22) memohon kepada majelis hakim untuk membebaskannya dari segala tuntutan.

Penasihat hukum kedua terdakwa, Darius Marhendra Yudha Wardana mendatangkan 7 orang saksi. Satu orang saksi merupakan ahli forensik dan enam saksi lainnya adalah peserta Diklat.

Dia menyatakan bedasarkan hasil visum jenazah Gilang No VER/59/X/2022/Biddokes, penyebab kematiannya adalah trauma tumpul pada kepala yang menyebabkan mati lemas.

Darius menyampaikan dilihat dari poin D hasil visum itu, terdapat resapan pada kulit kepala bagian dalam belakang sisi kiri yang diakibatkan oleh benturan.

"Ahli forensik yang melakukan autopsi menyatakan luka ini akibat benturan dari kepala bagian belakang sisi kiri," papar dia.

Ahli forensik yang didatangkan tim hukum terdakwa itu meyakini kalau luka tersebut tidak dapat menyebabkan kematian.

Sementara itu berdasarkan keterangan para saksi peserta yang dihadirkan kuasa hukum terdakwa, tidak ada pemoporan terhadap Gilang yang dilakukan oleh Faizal dan Nanang.

Kedua terdakwa kasus Menwa UNS Solo melakukan pembelaan dalam sidang pledoi. Gilang Endi disebut meninggal karena benturkan kepalanya sendiri.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News