Uang Perusahaan Digunakan Judi, Mantan Direktur Operasional PT SHA Solo Dipenjara

Rabu, 15 November 2023 – 18:43 WIB
Uang Perusahaan Digunakan Judi, Mantan Direktur Operasional PT SHA Solo Dipenjara - JPNN.com Jateng
Penggelapan uang perusahaan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Terdakwa kasus penggelapan Wahyu Tri Nugroho divonis hukuman penjara selama lima tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Surakarta, Senin (13/11). 

Mantan Direktur Operasional PT SHA ini terbukti melakukan penggelapan uang perusahaan seperti yang disangkakan pada Pasal 374 KUHP dengan kerugian mencapai Rp 2 miliar. 

“Hukuman yang dijatuhkan lima tahun penjara,” kata Humas PN Kota Surakarta Bambang Aryanto saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/11). 

Dalam sidang yang dipimpin, Richmond P.B Sitoroes dan hakim anggota Wiryatmi serta Rina Indrajanti ini, vonis yang dijatuhkan lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). 

JPU hanya menuntut terdakwa dengan hukuman empat tahun penjara potong masa tahanan. Namun, berdasar fakta persidangan, termasuk penggunaan uang hasil penggelapan yang digunakan untuk judi, Majelis Hakim menambah hukuman lebih berat mencapai lima tahun penjara. 

Kasus ini bermula, pada awal Januari 2023 lalu. Di mana, terdakwa Wahyu Tri Nugroho yang saat itu menjabat sebagai Direktur Operasional PT. SHA ditugaskan untuk membayar pembelian bahan bakar minyak solar jenis Pertamina Dex. Namun, pembayaran itu tidak dilakukan. 

Pihak perusahaan yang merasa curiga lantaran stok gudang kosong, akhirnya berupaya untuk menghubungi Wahyu Tri Nugroho.

Saat dihubungi yang bersangkutan mengaku sakit dan berada di rumahnya di wilayah Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Namun, saat dijenguk, Wahyu tidak berada di rumahnya. 

Merasa sulit untuk bertemu sekaligus mengonfirmasi perihal tersebut, perusahaan akhirnya melaporkan dugaan kasus penggelapan itu ke Mapolresta Surakarta pada Juni 2023. Hingga akhirnya, keberadaan Wahyu Tri Nugroho ditelusuri dan berhasil ditangkap di wilayah Purwakarta, Jawa Barat (Jabar)

Seiring bergulirnya kasus tersebut, pihak perusahaan sempat meminta agar mantan karyawannya itu mengembalikan uang yang telah digelapkan. Namun, Wahyu tidak dapat mengembalikan uang tersebut. Dari sini, terungkap bahwa uang tersebut digunakan untuk judi. (mcr21/jpnn)

Mantan Direktur Operasional PT SHA ini terbukti melakukan penggelapan uang perusahaan dengan kerugian mencapai Rp 2 miliar.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News