KPU Kota Surakarta: Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Berjalan Lancar

Senin, 04 Maret 2024 – 07:05 WIB
KPU Kota Surakarta: Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Berjalan Lancar - JPNN.com Jateng
Ketua KPU Kota Surakarta Bambang Christanto (kiri) bersama jajarannya menyerahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara kepada salah satu perwakilan dari pasangan capres usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024, di The Sunan Hotel Solo, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, SOLO - Ketua KPU Kota Surakarta Bambang Christanto mengatakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 berjalan lancar.

Dia menjelaskan bahwa rekapitulasi selama dua hari dapat berjalan dengan lancar, baik capres dan cawapres, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kota hasilnya sudah ditandatangani para wakil, baik dari 01, 02, maupun 03, dan saksi DPD.

"Tidak ada masalah terkait dengan hasil rapat pleno tersebut," ujarnya, Minggu (3/3).

Dia menyebutkan bahwa ada saksi pasangan calon 01, 02, dan 03 atau partai politik tidak mau menandatangani hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, hal itu sebagai hak masing-masing parpol.

"Akan tetapi, hal itu nantinya dituangkan dalam catatan kejadian khusus, termasuk alasan tidak menandatangani hasil rekapitulasi tersebut," ungkapnya.

Dia menjelaskan dalam rekapitulasi hasil suara di lima kecamatan di Kota Surakarta itu tidak ada masalah dengan semua sudah sinkron dan berjalan dengan baik, sesuai harapan.

Setelah penghitungan suara dilanjutkan penandatanganan berita acara dengan memberikan hasil kepada seluruh saksi pasangan calon 01, 02, dan 03 tingkat Kota Surakarta, saksi DPD, saksi parpol Kota Surakarta, dan Bawaslu.

Terkait dengan saksi lainnya dari PDIP maupun PKS, katanya, hal itu sudah disampaikan bahwa membuka kotak suara harus ada syarat formil material yang harus terpenuhi.

Ketua KPU Kota Surakarta Bambang Christanto mengatakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 berjalan lancar.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News