Komitmen Mbak Dina Cegah Korupsi: Perkuat Whistleblowing System Kota Semarang

Senin, 05 Agustus 2024 – 20:00 WIB
Komitmen Mbak Dina Cegah Korupsi: Perkuat Whistleblowing System Kota Semarang - JPNN.com Jateng
Bakal calon Wali Kota Semarang Claudyna C Ningrum. FOTO: Dokumen untuk JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Bakal calon Walikota Semarang Claudyna C Ningrum menyatakan akan memperkuat sistem pelaporan dugaan penyelewengan kewenangan maupun keuangan negara.

Dia menyatakan komitmennya akan membawa Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang sebagai wujud antikorupsi.

"Kami menolak praktik korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang jika dilantik menjadi wali kota nanti," kata perempuan yang karib disapa Mbak Dina ini di Semarang, Senin (5/8).

Dia bilang whistleblowing system merupakan mekanisme penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana korupsi. Mulai pungutan liar atau pungli yang terjadi maupun akan terjadi melibatkan pegawai di lingkungan kerjanya. 

Sistem pelaporan dugaan pelanggaran tersebut saat ini juga sudah tersedia di Inspektorat Kota Semarang.

"Kami akan menambah line-line khusus untuk menampung berbagai bentuk aduan, saran atau laporan dari masyarakat," kata kader Partai Gerindra ini. 

Mbak Dina mengatakan jika ada temuan pungli, penarikan atau tindak pidana korupsi, masyarakat diminta mengadu ke saluran-saluran tersebut.

Menurutnya, jika masyarakat ditarik biaya tertentu untuk memudahkan pengurusan surat bisa dilaporkan. Hal ini penting dilakukan agar menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktik korupsi atau pungli.

Mbak Dina bakal memperkuat mekanisme whistleblowing system di Kota Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News