Hari Lahir Pancasila, Pesan Jokowi dari Ende Ditanggapi Ganjar, Kata-katanya Tegas

Rabu, 01 Juni 2022 – 13:13 WIB
Hari Lahir Pancasila, Pesan Jokowi dari Ende Ditanggapi Ganjar, Kata-katanya Tegas - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut banyak sekali cara agar bisa mengaktualisasikan Pancasila saat hari lahirnya, 1 Juni.

Ganjar menyatakan Jawa Tengah akan menyelenggarakan Bulan Pancasila, selain membuat Bulan Bung Karno pencetus dasar negara tersebut.

"Iya, menurut saya bagian yang membuka pikiran, sejarah divisualisasikan dalam bentuk upacara di tempat pertama Bung Karno," kata Ganjar seusai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6).

Ganjar menyatakan pesan Presiden Jokowi soal membumikan Pancasila sudah sangat jelas. Termasuk, menurutnya, pemimpin harus memulai memberikan contoh baik kepada masyarakat.

"Rasa-rasanya spirit dari Pancasila itu akan betul-betul membumi, masuk ke dalam pikiran, hati, sampai tindakan dan perilaku," ucapnya.

Menurut Presiden Jokowi, Pancasila tidak hanya menyatukan, tetapi menjadi bintang penuntun saat bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

Dalam amanatnya tersebut, Presiden Jokowi mengingatkan Pancasila sebagai dasar negara telah membuat bangsa Indonesia berdiri kokoh.

"Dari kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa untuk sama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam berkehidupan masyarakat dan bernegara," kata Jokowi.

Ganjar Pranowo menyebut banyak sekali cara agar bisa mengaktualisasikan Pancasila saat hari lahirnya, 1 Juni.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News