Politikus Gerindra Komentari Pernyataan Sekjen PDIP Hasto Soal Food Estate

Kamis, 17 Agustus 2023 – 08:37 WIB
Politikus Gerindra Komentari Pernyataan Sekjen PDIP Hasto Soal Food Estate - JPNN.com Jateng
Politikus Gerindra Bambang Haryo Soekartono. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut bahwa pembangunan food estate di Desa Tewai Baru, Gunung Mas, Kalimantan Tengah dikatakan sebagai proyek kejahatan lingkungan.

Politikus Gerindra Bambang Haryo Soekartono pun ikut mengomentari pernyataan tersebut. Dia mengatakan bahwa pernyataan Hasto Kristiyanto tidak mendasar.

BHS sapaan akrab Bambang Haryo Soekartono mengatakan jika jumlah luas hutan di Indonesia ada sekitar 125,8 juta hektar. Sementara itu lahan yang diusahakan untuk ketahanan pangan sebesar 600 hektar.

"Lahan 600 hektar tersebut relatif sangat kecil bila dibanding dengan luasan hutan yang ada di Kalimantan Tengah sebesar 10,3 juta hektar, apalagi dibanding luas hutan seluruh Indonesia seluas 125,8 juta hektar," katanya, Kamis (17/8).

Hutan yang sudah dibabat untuk kelapa sawit di Indonesia ada sekitar 15 juta hektar, kata dia, dan hutan yang sempat rusak terbakar di tahun 2015 sebesar 2,61 juta hektar.

"Demikian juga hutan produktif yang digunakan untuk kepentingan penambangan batu bara di Indonesia dengan produksi penambagan sebesar 687 juta ton pertahun, jadi sudah berapa ratus ribu atau juta hektar hutan yang dibabat akibat penambangan batu bara tersebut," ungkap Anggota DPR-RI Periode 2014/2019 itu.

BHS yang juga menjabat sebagai Penasehat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Jawa Timur ini mengatakan bahwa Hasto juga tidak ada pernyataan soal kerusakan-kerusakan hutan.

"Hal ini sangat ironis dan terkesan pencitraan. Kenapa program ketahanan pangan yang diusahakan oleh Pak Jokowi dengan penanggung jawab Kementerian Pertanian sebagai leading sector dan Kemenhan RI membantu utama untuk mensukseskan program ketahanan pangan dikritisi keras oleh Pak Hasto itu?," ujarnya.

Politikus Gerindra Bambang Haryo Soekartono ikut mengomentari pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto soal pembangunan food estate.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News