Keren, Puspita Gunakan Laba Jualan di Lapak Ganjar Buat Menghidupi Pondok Baca

Sabtu, 30 April 2022 – 19:00 WIB
Keren, Puspita Gunakan Laba Jualan di Lapak Ganjar Buat Menghidupi Pondok Baca - JPNN.com Jateng
Endang Puspita Rini ditemani suami tengah memproduksi jamu Serbuk Puspotajem. Foto: Dokument for JPNN

jateng.jpnn.com, WONOSOBO - Lapak Ganjar, merupakan bukti dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memajukan (UMKM) usaha mikro, kecil, menengah yang terus dirasakan manfaatnya.

Ganjar dengan cuma-cuma mempromosikan produk UMKM di akun instagramnya @ganjarpranowo.

Setiap akhir pekan, Ganjar dapat memberikan efek terhadap pelaku UMKM meningkatkan produksi maupun pendapatan.

Di Wonosobo, ada produksi jamu serbuk yang kian laku setelah mengikuti Lapak Ganjar. Peningkatan pendapatannya itu dimanfaatkan untuk menghidupkan Jogo Tonggo dan pondok baca bagi anak-anak.

Endang Puspita Rini, penggagas Pondok Baca Puspita di Dusun Candi, Desa Sawangan, RT 02 RW 06, Kecamatan Leksono mulai merintis usaha pembuatan jamu serbuk saat terjadi pandemi Covid-19, dua tahun lalu.

Potensi petani tanaman rempah yang ada di sekitarnya, dia kembangkan untuk membantu masyarakat menjaga imunitas, sekaligus menjadi lahan usaha.

"Saat itu sangat prihatin dengan keadaan masyarakat sehingga kami berpikir para petani jahe dan kunyit, akhirnya kati bikin jamu," ujar Puspita, Sabtu (30/4).

Jamu buatannya bermerek Serbuk Puspotajem. Endang bersama sang suami memasarkan secara door to door.

Aksi Puspita memang patut diacungi jempol. Laba dari hasil jualan di Lapak Ganjar, dia gunakan untuk menghidupkan pondok baca di lereng Gunung Sindoro.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News