Ribuan Warga Purbalingga Terjun ke Jalanan, Bawa Replika Tandu Jenderal Soedirman

Kamis, 01 September 2022 – 05:56 WIB
Ribuan Warga Purbalingga Terjun ke Jalanan, Bawa Replika Tandu Jenderal Soedirman - JPNN.com Jateng
Iring-iringan peserta Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman saat melintas di depan Makodim 0702/Purbalingga, Rabu (31/8/2022) sore. ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, PURBALINGGA - Sebanyak 5.202 warga Purbalingga, Jawa Tengah, terjun ke jalanan dengan membawa 300 replika tandu Jenderal Soedirman, Rabu (31/8).

Ribuan warga tersebut ikut memeriahkan Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman Terbanyak yang digelar di Kabupaten Purbalingga, dan berhasil menumbangkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Saat menyerahkan piagam penghargaan MURI di Alun-Alun Purbalingga, Rabu malam, Senior Manager MURI Sri Widayati mengatakan kegiatan tersebut bukan kali pertama bagi Kabupaten Purbalingga dalam mencatatkan prestasinya di MURI.

"Setidaknya sudah ada 33 rekor yang sudah kami catat di MURI dari Kabupaten Purbalingga, salah satunya adalah Napak Tilas dengan Mengusung Tandu (replika tandu Jenderal Soedirman, red,) Terbanyak, 260 tandu oleh 1.040 peserta yang dilaksanakan pada 25 Januari 2017," katanya.

Hingga saat ini, kata dia, dalam kurun waktu 5 tahun ternyata belum ada yang mampu melampaui Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman.

Kendati demikian, rekor MURI tersebut berhasil ditumbangkan melalui kegiatan Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman Terbanyak karena tercatat sebanyak 300 tandu yang dibawa oleh 5.202 peserta.

"Saya yakin kegiatan ini tujuannya bukan semata-mata untuk rekor MURI, tetapi lebih untuk membangun kecintaan dan kebanggaan warga Kabupaten Purbalingga akan suri teladan, jejak langkah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang diwariskan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dilahirkan di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga," kata Widayati.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan kegiatan tersebut diabadikan dalam MURI dan tercatat sebagai rekor ke-10.525.

Ribuan warga Purbalingga terjun ke jalanan dengan membawa replika tandu Jenderal Soedirman. Oh ternyata.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News