Pakar Undip Sebut Indonesia Bisa Jadi Poros Maritim Dunia, Bagaimana Cara?

Jumat, 30 September 2022 – 16:26 WIB
Pakar Undip Sebut Indonesia Bisa Jadi Poros Maritim Dunia, Bagaimana Cara? - JPNN.com Jateng
Arsip foto - Prajurit TNI AL awak KRI Spica-934 melakulan peran muka belakang jelang Ekspedisi Jala Citra 1 Aurora 2021 di Dermaga Pondok Dayung, Koarmada 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (3/8/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pakar sejarah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Endang Susilowati menyampaikan Indonesia bisa menjadi poros maritim dunia.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah tidak bisa hanya membangun kemampuan berproduksi di bidang kelautan saja, tetapi juga harus membangkitkan kemampuan produksi di daratan.

"Seluruh elemen masyarakat harus mampu menciptakan produk-produk yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif, baik di kelautan maupun daratan," katanya, Jumat (30/9).

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Undip itu mengatakan dari perspektif sejarah, peluang Indonesia menjadi poros maritim dunia merupakan suatu keniscayaan.

"Berbagai faktor penting yang memungkinkan Indonesia menjadi negara maritim besar yang disegani di kawasan regional maupun internasional telah dimiliki," katanya.

Sejarah, kata dia, mencatat bahwa kerajaan-kerajaan di Nusantara, terutama Sriwijaya dan Majapahit, sudah menjadi negara maritim yang sangat kuat dan disegani di dunia.

Endang menjelaskan keduanya mengandalkan potensi darat yang dipadu dengan potensi laut, serta ditunjang jiwa bahari yang menjadi jati diri bangsa telah berhasil menjadi poros maritim dunia.

"Pengelolaan potensi darat dengan tepat dan penguasaan potensi laut dalam arti luas membuktikan kedua kerajaan itu menjadi kerajaan maritim yang berpengaruh," katanya.

Pakar Undip Semarang Endang Susilowati menyebutkan Indonesia sebenarnya bisa menjadi poros maritim dunia jika hal ini dapat dipenuhi.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News