Musim Kemarau, Warga Kudus Diimbau Waspada Penyakit ISPA

Rabu, 09 Agustus 2023 – 15:27 WIB
Musim Kemarau, Warga Kudus Diimbau Waspada Penyakit ISPA - JPNN.com Jateng
Seorang pelajar dengan tetap memakai masker dan menjaga kebersihan tangan. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus, mengimbau warga untuk waspada terhadap penyakit infeksi pernapasan akut (ISPA) sebagai dampak dari musim kemarau.

Kepala Dinkes Kudus Andini Aridewi mengatakan mesyarakat bisa mengantisipasi ISPA dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Hingga saat ini memang tidak ada laporan kasus ISPA, tetapi masyarakat tetap harus waspada dengan penyebaran penyakit ini maupun penyakit lainnya akibat dampak musim kemarau," katanya, Rabu (9/8).

Menurutnya, penyakit ISPA bisa menyerang siapa saja, terutama balita karena daya tahan tubuhnya belum kuat untuk menahan penyakit tersebut.

Selain membiasakan PHBS, kata dia, masyarakat juga harus menjaga asupan gizi yang seimbang agar daya tahan tubuhnya terjaga.

Ketika ada gejala demam disertai batuk dan sesak, kata dia, segera periksa ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan.

Upaya lain mencegah penyebaran penyakit ISPA, yakni dengan meningkatkan penggunaan masker sekaligus untuk menghindari gangguan kesehatan lainnya akibat kualitas udara yang buruk.(antara/jpnn)

Dinkes Kudus mengimbau warga di sana untuk waspada penyakit ISPA di musim kemarau yang bisanya menyerang balita.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News