PP Al Irsyad Bantah Condong ke Anies Baswedan, Ketum Jelaskan Posisinya di Pemilu

Rabu, 06 September 2023 – 14:56 WIB
PP Al Irsyad Bantah Condong ke Anies Baswedan, Ketum Jelaskan Posisinya di Pemilu - JPNN.com Jateng
Ketua Umum Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah Faisol Nasar bin Madi (kanan) dan Ketua Dewan Syuro Al Irsyad Al Islammiyah Syarief Ba'asyir (kiri) memberikan keterangan pers usai acara Puncak Peringatan Milad Ke-109 Al Irsyad Al Islamiyyah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (26/8/2023). ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Ketua Umum Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah Faisol Nasar bin Madi membantah anggapan publik bahwa pihaknya lebih condong ke Bacapres 2024 Anies Baswedan.

Faisol mengakui bahwa keluarga mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan keluarga Al Irsyad.

"Keluarga Pak Anies dari kakeknya (AR Baswedan, red.), muridnya Ahmad Surkati (pendiri Al Irsyad, red.). Jadi, ikatan emosional ada, tapi tidak diformalkan, biasalah," katanya seusai pidato pada Puncak Peringatan Milad Ke-109 Al Irsyad Al Islamiyah di Lapangan SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (6/9).

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya tidak mengeluarkan imbauan agar warga Al Irsyad untuk mendukung Anies Baswedan karena ormas tersebut tidak ingin terjun di politik praktis.

Faisol mengatakan politik Al Irsyad adalah politik pendidikan dan politik dakwah, bukan politik praktis.

"Tahun depan kita akan menghadapi pilpres (pemilihan presiden), seluruh warga Al Irsyad harus aktif menyukseskan pemilihan presiden ini dan legislatif, tetapi Al Irsyad tak terlibat dalam politik praktis. Kita berpijak politik kita, politik pendidikan, dan dakwah," ujarnya.

Dia mengatakan Al Irsyad adalah organisasi kemasyarakatan Islam yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah, sosial, dan tidak terlibat di bidang politik.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mengajak seluruh warga Al Irsyad untuk aktif menggunakan haknya dalam Pemilu 2024.

PP Al Irsyad Al Islamiyyah membantah anggapan bahwa ormas tersebut lebih condong ke Anies Baswedan dalam Pemilu 2024.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News