Kata Komnas HAM, Warga Wadas Diundang Dialog Tak Datang, Singgung Soal Ganjar

Rabu, 09 Februari 2022 – 05:50 WIB
Kata Komnas HAM, Warga Wadas Diundang Dialog Tak Datang, Singgung Soal Ganjar - JPNN.com Jateng
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara saat ditemui usai konferensi pers peluncuran Laporan Tahunan 2018 di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019). (ANTARA/Dea N. Zhafira)

jateng.jpnn.com, PURWOREJO - Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengungkapkan bahwa warga penolak penambangan batu andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, sudah pernah diundang dialog. 

Dialog yang digelar pada 20 Januari 2022 merupakan permintaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Namun, ia menyebut bahwa warga penolak justru mengabaikan undangan tersebut. 

Padahal, kata dia, selain mengundang pihak pro dan kontra, pertemuan itu juga mengundang Polda Jateng, DPRD Purowrejo, BBWS, dan BPN. 

"Termasuk warga yang menolak dan mendukung kami undang semua, tetapi ternyata tidak datang, jadinya ya setengah kamar saja dialognya," katanya, Selasa (8/2).

Dari klarifikasi ke warga penolak, Komnas HAM mendapat informasi bahwa warga meminta dialog langsung dengan Ganjar Pranowo.

“Sudah kami sampaikan permintaan-permintaan mereka dan Pak Gubernur siap datang," katanya.

Namun, belum sempat dialog dengan gubernur terjadi, hari ini dilaksanakan pengukuran lahan oleh BPN yang membuat konflik di Desa Wadas pecah kembali. 

Sebelum konflik di Desa Wadas terjadi, Komnas HAM rencananya pertemukan warga dengan Ganjar Pranowo. Malang, kerusuhan terlanjur pecah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News