Sebegini Tingkat Kerusakan Surat Suara di Kota Semarang, Siapa yang Salah?

Senin, 29 Januari 2024 – 13:36 WIB
Sebegini Tingkat Kerusakan Surat Suara di Kota Semarang, Siapa yang Salah? - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Penyortiran dan pelipatan surat suara. (ANTARA/Ali Khumaini)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menyebutkan temuan tingkat kerusakan surat suara Pemilihan Umum 2024 dari hasil tahap sortir dan lipat hanya sekitar 0,2 hingga 0,3 persen.

"Saya lebih suka bahasanya adalah surat suara yang kurang layak digunakan, ya. Kemarin sudah dilaporkan ke KPU RI, rata-rata 0,2 sampai 0,3 persen," kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom, Senin (29/1).

Dia menjelaskan kondisi surat suara kurang layak yang dimaksud itu antara lain terdapat bercak dan sobek sehingga tingkat standar deviasinya masih aman di bawah 0,5 persen.

"Dan itu bukan kesalahan KPU, tetapi karena memang proses produksinya. Tugas sortir dan lipat memang adalah untuk memastikan surat suara agar dalam kondisi semua layak untuk digunakan," katanya.

KPU Kota Semarang pun sudah mengajukan penggantian atas surat suara rusak tersebut.

"Saya kira masih sangat bisa dimaklumi dan aman, dan itu sudah kami ajukan penggantiannya. Pada intinya, dilakukan penggantian," katanya.

Saat ini, dia menyampaikan tahapan yang sedang berlangsung adalah pengepakan surat suara ke dalam kotak suara.

Pada Minggu (28/1), proses pengepakan surat suara dilakukan di Kecamatan Ngaliyan dan akan disusul di kecamatan-kecamatan lainnya.

KPU Kota Semarang menyebut tingkat kerusakan surat suara Pemilu 2024 hanya 0,2 hingga 0,3 persen. Siapa yang salah?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News