Simak! Langkah Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Banjir

Jumat, 28 Januari 2022 – 03:00 WIB
Simak! Langkah Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Banjir - JPNN.com Jateng
Rob membuat banjir di permukiman warga. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, PURWOKERTO - Pakar Hidrologi dan Sumber Daya Air, Universitas Jenderal Soedirman, Yanto, Ph.D mengingatkan bahwa masyarakat perlu berperan aktif dalam upaya mencegah banjir guna mendukung program pengurangan risiko bencana.

"Masyarakat tentunya perlu berperan aktif dalam berbagai upaya mencegah banjir terutama pada puncak musim hujan seperti sekarang ini," katanya di Purwokerto, Kamis (27/1). 

Dia menjelaskan bahwa upaya pencegahan bencana banjir bisa dilakukan dengan cara sederhana mulai dari skala rumah tangga.

"Dalam artian upaya antisipasi bisa dilakukan di lingkungan terkecil di lingkungan masyarakat, dalam hal ini peran aktif seluruh warga terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana banjir sangat diperlukan," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pada skala mikro yaitu skala rumah tangga, pencegahan banjir dapat dilakukan dengan normalisasi saluran air, memasang pipa resapan hingga membuat sumur resapan dan biopori.

"Normalisasi saluran air, pemasangan pipa resapan hingga pembuatan sumur resapan dan biopori tentunya dapat dioptimalkan melalui peran aktif masyarakat secara bersama-sama," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa secara prinsip, pencegahan banjir dilakukan dengan cara menjaga agar kemampuan saluran air lebih besar dari aliran air yang melewatinya.

"Atau sebaliknya, yaitu membuat air yang mengalir lebih kecil dari kemampuan saluran mengalirkan air," katanya.

Pakar Hidrologi dan Sumber Daya Air Unsoed Yanto menyarankan sejumlah langkah yang dilakukan masyarakat untuk mencegah banjir.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News