Banjir di Kudus Makin Meluas, Pengungsi Bertambah

Minggu, 17 Maret 2024 – 21:48 WIB
Banjir di Kudus Makin Meluas, Pengungsi Bertambah - JPNN.com Jateng
Pengungsi di aula DPRD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (17/3/2024). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Sebanyak 29 desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terdampak banjir pada Minggu (17/3).

"Saat ini banjir makin meluas hingga di 29 desa dari sebelumnya hanya beberapa desa," kata Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Mundir.

Mundir mengatakan dengan banjir yang makin meluas mengakibatkan jumlah pengungsi ikut bertambang, yakni sebanyak 1.619 jiwa.

"Untuk jumlah warga terdampak, totalnya sekitar 32.952 jiwa, tetapi yang mengungsi ada 1.619 jiwa," ujarnya.

Seribuan pengungsi tersebut, kata dia, tersebar di 17 lokasi pengungsian, antara lain ada yang menempati aula gedung DPRD Kudus, balai desa, tempat ibadah, tempat pendidikan, dan rumah warga.

Sementara untuk dapur umum, lanjut dia, disediakan di delapan lokasi mulai dari balai Desa Golantepus, balai Desa Jati Wetan, Gulang, Blimbing Kidul, Gedung DPRD, masjid, TPQ, serta gereja.

Terkait ketersediaan logistik, kata Mundir, untuk saat ini masih cukup untuk dua hari ke depan. Meski demikian nantinya juga ada pihak yang akan membantu memenuhi kebutuhan logistik.

Pemkab Kudus juga bisa menggunakan dana tidak terduga, kata dia, menyusul adanya penetapan status tanggap darurat bencana angin kencang, banjir, dan tanah longsor. (antara/jpnn)

Jumlah warga terdampak banjir di Kabupaten Kudus yang mengungsi makin bertambah.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News