Peringati Hari Bumi, Pakar Undip Ungkap Persoalan Lingkungan Kini & Masa Depan

Sabtu, 27 April 2024 – 10:40 WIB
Peringati Hari Bumi, Pakar Undip Ungkap Persoalan Lingkungan Kini & Masa Depan - JPNN.com Jateng
Prof Sudharto Prawoto Hadi dan Prof Bulan Prabawani dalam peringatan Hari Bumi di Universitas Diponegoro. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Guru Besar Manajemen Lingkungan Universitas Diponegoro (Undip) Prof Sudharto Prawoto Hadi menyoroti dua hal persoalan lingkungan kini dan masa depan.

Sorotan tersebut tertuang dalam dua buku barunya yang berjudul "Manajemen Lingkungan Bagian Keempat", dan "Bisnis Berkelanjutan: Teori dan Implementasi" sebuah karya kolaboratif bersama Prof Bulan Prabawani, Dosen FISIP Undip.

"Dua buku isinya pesan lingkungan yaitu, bagaimana mengimplementasikan aspek lingkungan dalam kebijakan publik, dan mengintegrasikan aspek lingkungan dalam kebijakan perusahaan," kata Prof Sudharto dalam peluncuran dan bedah buku bertepatan Hari Bumi di Undip, Jumat (26/4).

Bedah buku ini bukan hanya sekadar presentasi buku-buku baru, tetapi juga merupakan kesempatan untuk menjelajahi berbagai konsep dan praktik terbaru dalam pengelolaan lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan.

Muara dua buku tersebut adalah meningkatkan partisipasi publik dan privat dalam pembangunan berkelanjutan regeneratif, dan pembangunan yang memberikan manfaat banyak orang, sekaligus menyembuhkan luka di bumi.

Dia mengatakan kondisi bumi sudah sangat rusak, dan rapuh. Ketika mengatasi banjir misalnya, maka infrastruktur diperbolehkan, tetapi harus diimbangi dengan memikirkan lingkungan.

Misalnya dengan mangrove yang punya kemampuan menangkal gelombang, menjadi tempat berlindung biota laut, kemudian memberikan pekerjaan dan penghasilan bagi masyarakat juga perusahaan.

"Ketika mengendalikan dampak apakah bisa dilakukan dengan sekaligus community development sehingga lingkungannya disembuhkan tetapi juga bisa menumbuhkan lapangan pekerjaan dan penghasilan," katanya.

Pakar Undip ungkap persoalan lingkungan kini & masa depan dalam peringatan Hari Bumi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News