Konon, Air dan Tanah yang Dibawa Ganjar ke IKN Berasal dari 2 Tempat Keramat Ini

Senin, 14 Maret 2022 – 11:18 WIB
Konon, Air dan Tanah yang Dibawa Ganjar ke IKN Berasal dari 2 Tempat Keramat Ini - JPNN.com Jateng
Gunung Tidar berada di pusat Kota Magelang diyakini sebagai Paku Tanah Jawa. Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membawa air dan tanah yang akan digunakan untuk melangsungkan ritual di lokasi calon pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Air dan tanah itu dibawa Ganjar sesuai dengan permintaan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 33 gubernur lainnya juga dipesani permintaan yang sama.

Rencannya, kedua barang tersebut bakal digunakan untuk melangsungkan ritual yang disebut sebagai Kendi Nusantara.

Ganjar menyebut air yang dibawanya ke IKN berasal dari mata air di gunung yang diyakini sebagai pusat bumi atau pusatnya tanah Jawa.

Kendati demikian, dia tak mau membocorkan lokasi pengambilan air dan tanah tersebut.

"Iya, air dan tanah yang diminta presiden sudah saya bawa, tetapi rahasia dari mana itu saya ambil," kata Ganjar bercanda kepada awak media saat tiba di Balikpapan.

Ganjar menentukan lokasi pengambilan air dan tanah setelah melakukan konsultasi dan menerima rekomendasi dari para sesepuh Jawa.

Ada dua tempat yang yakini sebagai lokasi pengambilan air dan tanah yang dibawa Ganjar ke IKN.

Konon, tanah dan air yang dibawa Ganjar Pranowo ke IKN untuk melangsungkan ritual Kendi Nusantara berasal 2 tempat keramat ini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News