Bareng Sultan HB X, Ganjar Peringatkan Ancaman Ini, Pemuda Harus Tahu

Senin, 22 Agustus 2022 – 05:00 WIB
Bareng Sultan HB X, Ganjar Peringatkan Ancaman Ini, Pemuda Harus Tahu - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menghadiri acara Jambore Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Ajang Kreativitas Remaja (Adujak Nasional) di Hotel The Ritch Yogykarta, Minggu (21/8) malam. Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut ada ancaman baru yang mengintai di masa depan.

Menurutnya, selain pernikahan dini, pergaulan atau seks bebas, serta pengaruh narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza), ancaman lainnya ialah banyaknya janda usia sekolah (JUS).

Peringatan tersebut Ganjar sampaikan dalam acara Jambore Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Ajang Kreativitas Remaja (Adujak Nasional) di Hotel The Ritch Yogykarta, Minggu (21/8) malam.

"Perkawinan dini, hari ini masih banyak. BKKBN tadi menyampaikan ada janda usia sekolah (JUS) yang mulai banyak ditemukan. Kalau seperti ini generasi kita akan terancam," kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan adalah pemuda yang bebas dari pernikahan dini, seks di luar nikah, dan pengaruh napza.

Oleh sebab itu, Ganjar meminta harus ada persiapan yang lebih matang soal generasi masa depan mulai dari sekarang.

"Mereka (generasi muda) musti bebas, bebas dari pengaruh narkoba, bebas dari perkawinan dini. Kalau mereka sudah menikah di usia dini, mentalnya tidak siap, kesehatan tidak siap, potensi stunting juga tinggi," ujarnya.

Dia kemudian memaparkan bagaimana cara agar generasi muda dapat terbebas dari tiga hal itu. Salah satunya adalah mengajak dan memberikan pemahaman mengenai bahaya pernikahan dini, seks di luar nikah, dan Napza.

Ganjar Prnowo dan Sultan HB X memberikan motivasi untuk generasi muda. Ada ancaman yang tidak bisa disepelekan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News