Temanggung Dapat Anggaran Besar untuk Perbaiki Bendungan & Irigasi

Kamis, 31 Agustus 2023 – 13:22 WIB
Temanggung Dapat Anggaran Besar untuk Perbaiki Bendungan & Irigasi - JPNN.com Jateng
Pembangunan salah satu bendungan di Kabupaten Temanggung. ANTARA/HO - DPUPR Kabupaten Temanggung

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Pemkab Temanggung, Jawa Tengah mendapatkan alokasi dana yang tak sedikit untuk perbaikan bendungan dan saluran irigasi guna mendukung peningkatan produksi pertanian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)Temanggung Hendy Wahyu Noerhidayat mengatakan pada 2023 ini, pihaknya mendapat alokasi dana dari tiga sumber, yakni ABPD kabupaten, APBD provinsi, dan dana alokasi khusus (DAK).

"Dari DAK mendapat anggaran Rp 14 miliar untuk sembilan bendungan dan saluran irigasi, seperti di Aji Barang, Aji Kawah, Progo, Setro, dan Silumut," katanya, Kamis (31/8).

Dia mengatakan dari APBD provinsi, Temanggung mendapat dana Rp 3 miliar untuk rehabilitasi dua bendungan di Desa Mergowati dan Karangtejo yang rusak.

"Dari APBD kabupaten Rp 3 miliar untuk rehabilitasi 12 jaringan irigasi dan bendung Doyo Makmur di Kecamatan Temanggung," ujarnya.

Kepala pelaksana proyek pembangunan bendungan daerah irigasi Setro di Desa Salam Sari, Kecamatan Kedu, Restu Santoso mengatakan bendungan tersebut dibangun dengan DAK.

"Saat ini progres pengerjaan mencapai 30 persen. Di lokasi ini dibangun kembali bendungan yang rusak akibat diterjang banjir dan bangun empat talud di sebelah kiri dan kanan bendungan," katanya.

Dia menargetkan bangunan bendungan tersebut sudah selesai sebelum 30 Oktober 2023, setelah itu tinggal perawatan.(antara/jpnn)

Pemkab Temanggung, Jateng, mendapatkan anggaran besar untuk perbaikan bendungan dan saluran irigasi di kabupaten tersebut.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News