Parpol di Kota Semarang Sudah Lengkapi Perbaikan Berkas Bacaleg ke KPU

Rabu, 12 Juli 2023 – 23:26 WIB
Parpol di Kota Semarang Sudah Lengkapi Perbaikan Berkas Bacaleg ke KPU - JPNN.com Jateng
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Henry Casandra Gultom. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - eluruh partai politik (parpol) di Kota Semarang telah menyerahkan berkas perbaikan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada Pemilu 2024.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 10/2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten/kota, proses tahapan itu dimulai pada 26 Juni sampai dengan 9 Juli 2023.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gulto mengaku semua berkas memang terdapat kekurangan, misalnya masalah legalisir dokumen, pengadilan, hingga foto bacaleg yang kurang jelas dan semuanya bersifat administratif.

"Hanya hal-hal administratif saja, misalnya legalisir dan kekurangan lainnya yang dilengkapi," katanya, Rabu (12/7).

Saat ini, seluruh parpol telah selesai melakukan perbaikan berkas pendaftaran meskipun ada kekurangan kecil.

"Kami melakukan proses administrasi perbaikan, misalnya ada yang ganda dan lainnya, untuk penetapan daftar caleg sementara (DCS)," ujar pria yang akrab disapa Nanda itu.

Selanjutnya, kata Nanda, KPU Kota Semarang masih akan mencermati berkas pendaftaran yang diajukan bacaleg tersebut untuk penyusunan DCS yang dijadwalkan pada awal Agustus nanti.

"Kalau yang dicoret, nanti kami cermati dulu. Prosesnya kan ada tanggapan dari masyarakat juga. Nanti, Oktober atau November awal, DCT akan keluar," ujarnya.

KPU Semarang telah menerima berkas perbaikan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari parpol peserta Pemilu 2024.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News