UKT Mahasiswa Baru Unsoed Purwokerto Naik Tajam, BEM: Miris

Kamis, 25 April 2024 – 19:28 WIB
UKT Mahasiswa Baru Unsoed Purwokerto Naik Tajam, BEM: Miris - JPNN.com Jateng
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Foto: ANTARA/HO-Humas Unsoed.

jateng.jpnn.com, PURWOKERTO - Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa baru 2024 di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mengalami kenaikan siginifikan dibandingkan tahun lalu.

Menanggapi hal tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsoed mendesak rektorat untuk mengevaluasi penetapan UKT tersebut.

"Kami telah mencoba menghimpun segala keresahan dari mahasiswa terkait dengan UKT Unsoed 2024," ujar Presiden BEM Unsoed Maulana Ihsanul Huda, Kamis (25/4).

Dia mengatakan pihaknya juga sudah mencoba bertemu dengan rektorat khususnya Wakil Rektor II Unsoed yang memang bersinggungan langsung dengan permasalahan tersebut. Namun yang bersangkutan tidak bisa ditemui karena ada rapat.

"Kami sudah menyurati rektorat untuk diadakan audiensi di hari Jumat (26/4) pukul 13.00 WIB. Jadi, kami masih menunggu respons dari rektorat, apakah ingin menemui mahasiswa untuk sama-sama duduk bareng mendengar langsung penjelasan dari rektorat, kenapa dan mengapa sampai adanya kisruh masalah ini," katanya.

Dia mengatakan kenaikan UKT yang sangat tinggi itu dinilai cukup miris, karena mencapai tiga kali lipat atau lebih dan penyebaran informasinya pun tidak masif.

Menurut dia, UKT tersebut dapat dibahasakan seperti todongan karena ketika registrasi fisik, mahasiswa baru belum tahu besaran UKT untuk masing-masing golongan.

"Tiba-tiba sudah ada dalam sistem registrasi online itu sendiri tagihannya. Jadi menurut kami, ini salah satu bentuk 'todongan' dari pihak rektorat kepada para mahasiswa dan pastinya ini sangat merugikan mahasiswa itu sendiri," kata mahasiswa Fakultas Peternakan angkatan 2020 itu.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsoed mendesak rektorat untuk mengevaluasi penetapan kenaikan UKT yang dinilai sangat tinggi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia